RSS

Jumat, 18 Maret 2011

Perubahan proses bisnis/sosial akibat teknologi yang melunturkan nilai etika tradisional

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada pembahasan ini saya membahas tentang dampak-dampak positif dan  negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia khususnya bagi para mahasiswa-mahasiswi.
Peranan teknologi bagi kehidupan kampus pun sangat penting dalam kelangsungan aktifitas mahasiswa dalam menuntut ilmu. Akan tetapi, jika kita buka mata lebar-lebar pasti banyak dampak yang di timbulkan oleh teknologi di kehidupan kampus. Dampak tersebut pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Adapun dampak positif dari teknologi di kehidupan sosial kampus, yaitu Pemanfaatan hotspot dan internet  di kampus:
  1. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  2. Sarana yang ada tidak dikenakan biaya apapun atau gratis.
  3. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  4. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
  5. Kemudahan dalam kegiatan akademik, misalkan jadwal kuliah, jadwal ujian, berita tentang kampus, beasiswa, kegiatan kursus dan worksop, pemesanan buku di perpustakaan, pengiriman tugas dan masih banyak lagi.
Disamping kelebihan-kelebihan yang kita peroleh ternyata ada dampak negatif dari pemanfaatan teknologi di kehidupan sosial kampus, yaitu
  1. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
  2. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa-mahasiswi. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”
Sumber artikel diatas : http://juztcallmemella.wordpress.com/2010/03/23/contoh-perubahan-proses-bisnissosial-akibat-teknologi-yang-melunturkan-nilai-etika-tradisional/

Contoh perubahan proses bisnis/sosial akibat teknologi yang melunturkan nilai etika tradisional

A. Pengumpulan tugas kuliah
  • Teknologinya : Email
  • Model Kerja
Mahasiswa atau pelajar mengirimkan tugas melalui email tanpa harus bertemu dengan dosen atau guru yang bersangkutan.
  • Nilai etika tradisional yang hilang
Sebelum email diciptakan, seorang mahasiswa atau pelajar biasanya ketika mengumpulkan tugas akan bertemu sapa (silahturahmi) dengan dosen atau guru yang bersangkutan, namun setelah era email mulai muncul maka tidak jarang bahkan rata-rata mahasiswa atau pelajar untuk mengumpulkan tugas tidak bertemu sapa (silahturahmi) dengan dosen atau gurunya.

B. Informasi seputar perkuliahan

  • Teknologi : Blog, Email, Website.
  • Model kerja
 Dahulu biasanya seorang mahasiswa bila ingin mengetahui tentang jadwal perkuliahan, bayaran atau yang lainnya seputar kampus, maka mahasiswa tersebut kampus tempat mahasiswa tersebut kuliah. Namun setelah era blog, email, website maka seorang mahasiswa tersebut tidak perlu harus datang kekampus untuk mendapatkan info tersebut dan membuat mahasiswa kurang berkorban dalam proses pendewasaan.
  • Nilai etika tradisional yang hilang
Salah satu unsur yang menyebabkan mahasiswa malas dan kurang memperdulikan kuliahnya, serta membuat hubungan silahturahmi antara pihak kampus dan mahasiswa tersebut pudar. /*like facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar